Tugas Malaikat Munkar dan Nakir Menurut Pandangan Islam

Siapa yang tidak mengetahui, mengenai malaikat Munkar dan Nakir. Dalam hal ini, tugas malaikat Munkar dan Nakir adalah untuk nantinya menanyakan segala hal kepada mayit yang ada di dalam kubur. Nantinya setelah mayit ditinggalkan sebanyak 40 langkah, maka malaikat munkar dan juga nakir akan datang, dan langsung menanyakan mengenai apa saja yang di lakukan oleh mayit tersebut semasa hidupnya.

Tentunya datang dengan bentuk yang mengerikan, munkar dan juga nakir akan langsung menanyakan “siapa tuhanmu? Siapa nabimu? Dan apa agamamu?”. Tentunya segala perbuatan yang akan di lakukan oleh malaikat munkar an nakir, tergantung apa yang akan di katakana atau jawaban yang dimiliki dan diberikan oleh mayit tersebut untuk menjawab semua pertanyaan yang di ajukan.

Siksa Kubur Malaikat Munkar dan Nakir

Malaikat Munkar dan Nakir, akan menayakan segala pertanyaan disaaat anda masih berada di dalam kubur. Nantinya jika anda dapat menjawab pertanyaan dengan benar maka malaikat Munkar dan Nakir akan membiarkan anda dalam kesenangan hingga menunggu hari kiamat. Namun akan sebaliknya jika anda menjawab jawaban yang salah. Malaikat Munkar dan Nakir akan memberikan siksaan. 

Nantinya ketika seseorang hamba yang sudah meninggal dan di letakan ke dalam kuburnya, lalu semua pengantarnya sudah pergi maka pastinya dirinya akan mendengar semua suara sandal yang pergi. Pada saat itulah, malaikat Munkar dan Nakir akan datang. Maka pada saat inilah, jawaban anda akan berdasarkan apa yang anda lakukan semasa hidup di dunia. 

Menurut cerita, malaikat Munkar dan Nakir akan datang dengan berwarna hitam dan berambut keriting. Hal ini tentunya akan berdasarkan dengan bagaimana jawaban yang akan anda berikan, saat pertanyaan di berikan oleh malaikat Munkar dan Nakir. Pastikan bahwa selama hidup di dunia, anda senantiasa untuk selalu bertobat dan mengikuti segala ajaran dan apa yang Allah sukai agar tersiksa dari siksa kubur.

Tugas Utama Malaikat Munkar dan Nakir

Untuk tugas malaikat Munkar dan Nakir, memang tidak pernah ada dalil yang menyebutkan bahwa tugas yang dimiliki Munkar dan Nakir berbeda. Namun memang keduanya nantinya akan bertugas pertama kali, untuk menanyakan setiap mayit yang baru saja dikubur untuk mengetahui bagaimana amalannya semasa hidup. Namun untuk secara spesifiknya, tidak ada yang mengetahui secara pasti. 

Hingga saat ini, tidak ada yang dapat mengetahui malaikat mana yang akan datang untuk menanyakan dan menyiksa atau sebaliknya. Tidak juga ada yang dapat membuktikan atau mengetahui, bagaimana pembagian tugas yang dimiliki oleh keduanya di dalam kubur nantinya. Anda juga harus mengetahui, bahwa nantinya ada beberapa kaum yang tidak akan ditanyai oleh malaikat Munkar dan Nakir di kuburnya. 

Dalam hal ini terbagi dalam beberapa kategori. Kategori yang pertama, untuk seseorang yang mana menghabiskan waktunya untuk menyendiri di sebuah goa dengan tujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT untuk jangka waktu tertentu. Orang yang masuk dalam kaktegori ini, maka merupakan salah satu contoh orang, yang memang tidak menyukai hiruk pikuk duniawi yang mana memang sifatnya sementara. 

Bahkan bukan hanya itu saja, untuk kategori kedua, yang mana adalah merupakan orang yang matinya terjadi di medan perang dan dikatakan sebagai salah satu mati syahid. Hal ini juga terjadi, karena dirinya, memang mempertahankan keimanan yang dimilikinya untuk Allah SWT. Nantinya orang yang masuk dalam kategori ini, akan bebas untuk diberikan pertanyaan dan terhindar dari siksaan malaikat Munkar dan Nakir. 

Masih banyak lagi kategori orang yang tidakan akan, mendapatkan bagian dari tugas dari malaikat Munkar dan Nakir untuk ditanya dalam alam kubur. Memang tidak ada yang mengetahui secara pasti mengenai pembagian tugas malaikat Munkar dan Nakir, namun dalam hal ini dapat kita percayai bahwa keduanya akan menjadi malaikat pertama yang menguji keimanan kita di dalam kubur nantinya. 

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel