5 Macam Tugas Admin Di Perushaan Besar yang Perlu Kalian Ketahui

Kalian yang saat ini mencari kerja sebagai “administrasi” pastinya mendapati ada banyak macam titel yang disebutkan oleh masing-masing perusahaan. Secara umum seseorang yang bekerja di bidang administrasi perusahaan akan memiliki tugas-tugas yang berhubungan dengan dokumentasi, korespondensi, hingga berhubungan dan menjalin komunikasi dengan lingkungan bisnis, konsumen, maupun masyarakat pada umumnya. Berikut adalah beberapa macam jenis posisi admin yang ada di perusahaan dan  tugas admin yang jadi tanggung jawabnya, untuk memudahkan Kalian memilih mana yang paling pas dengan kemampuan yang dimiliki.


Asisten Administratif

Jenis posisi admin yang pertama dan cukup populer dicari banyak perusahaan adalah sebagai asisten administratif, biasanya dicari oleh perusahaan yang banyak melakukan pekerjaan yang sifatnya administratif. Tugas admin untuk posisi ini bisa saja ditempatkan di satu departemen khusus tapi seringkali juga dipanggil untuk membantu pekerjaan administrasi di departemen yang lain. Tugas asisten administratif misalnya adalah menjadwalkan rapat, membaca dan menulis surel atau surat, memasukkan data dokumen, pengarsipan, menerima panggilan telepon, dan tugas-tugas harian kantor lainnya.

Resepsionis

Posisi resepsionis juga menjadi bagian dari administrasi perusahaan, karena ia mengembangkan tugas admin dalam hal penerimaan tamu, menjawab telepon yang masuk ke perusahaan dan menyambungkannya ke departemen yang terkait, mengatur janji bertemu dengan klien, dan sebagainya. Biasanya resepsionis adalah kontak pertama yang terjadi antara publik dengan perusahaan oleh karena itu jika Kalian ingin menjadi resepsionis maka kemampuan komunikasi verbal dan juga tulisan harus kuat, memiliki profesionalisme yang tinggi, service-oriented, bisa tetap bertahan dalam tekanan karena tentu karakter dan cara bicara orang yang datang ke kantor atau perusahaan bermacam-macam.

Data Entry Officer/Staff

Tugas admin sebagai data entry staff adalah untuk memasukkan dan menyimpan data administrasi perusahaan. Staff di bagian ini akan menghabiskan banyak waktu di depan komputer untuk memasukkan data-data yang dimiliki perusahaan ke dalam sistem. Data entry staff juga bertanggung jawab untuk mengurusi soal dokumentasi dari berkas-berkas yang dimiliki perusahaan. Posisi ini cocok bagi Kalian yang memiliki ketelitian yang tinggi, tidak mudah hilang fokus, dan memiliki kemampuan mengorganisir yang tinggi.

Resepsionis Medis

Dibandingkan dengan resepsionis di perusahaan umum, resepsionis di dunia medis punya tugas admin yang lebih spesifik. Posisi ini memiliki tugas untuk memberikan dukungan administrasi pada fasilitas kesehatan baik milik pemerintah maupun swasta. Selain memiliki pekerjaan yang mirip dengan resepsionis perusahaan, resepsionis medis juga bertanggung jawab untuk memasukkan data pasien yang akan menggunakan fasilitas kesehatan, mengatur jadwal pemeriksaan dari pasien, mengorganisir catatan kesehatan pasien, melakukan komunikasi dengan personel yang ada di klinik atau rumah sakit, menginformasikan jadwal dokter kepada pasien yang ingin berobat, konsultasi, dan sebagainya.

Office Administrator

Tipe posisi admin selanjutnya yang umum di perusahaan adalah office administrator yang bisa jadi pilihan karir bagi Kalian yang sebelumnya sudah memiliki pengalaman bekerja di bidang administrasi. Pasalnya posisi ini memiliki tanggung jawab tugas admin sebagai pengawas dari staff admin dan memberikan tugas kepada staff yang ada di kantor sesuai dengan bidang pekerjaannya. Sebagai tambahan, office administrator juga biasanya mengatur agenda yang dimiliki oleh manajemen tingkat atas dalam sebuah perusahaan.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel